Friday, November 30, 2018

Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen adalah adalah suatu aplikasi yang bisa membantu merencanakan, mengelola, dan mengawasi semua hasil kerja agar tujuan bisa tercapai. SIM sendiri terdiri dari perangkat keras berupa komputer dan perangkat lunak yaitu aplikasi. Kedua elemen tersebut harus bisa bekerja dengan baik agar tercapai hasil yang diinginkan. Perusahaan menjadikan sistem ini sebagai database agar bisa diakses oleh setiap karyawan dari berbagai departemen. Adapun contoh sistem informasi manajemen adalah sebagai berikut.



Sumber gambar : http://student.blog.dinus.ac.id/dhamasrenaldy/2018/04/05/sistem-informasi-dalam-proses-bisnis/pentingnya-sistem-informasi-manajemen/


Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli :

SIM memang sangat dibutuhkan untuk mewujudkan goal sebuah perusahaan. Beberapa pakar pun mengemukakan pendapatnya mengenai istilah ini. Pengertian sistem informasi manajemen menurut Danu Wira Pangestu menggambarkan SIM sebagai sistem yang bertugas mengumpulkan lalu mengolah data untuk menghasilkan informasi yang digunakan untuk merencanakan dan mengendalikan tingkatan manajemen.
Banyak pengertian sistem informasi manajemen menurut para ahli yang memberikan gambaran mengenai pentingnya sistem ini. Raymond McLeod Jr berpendapat bahwa manajemen ini berbasiskan komputer yang memberikan informasi mengenai masa lalu sebuah perusahaan. Dengan begitu maka evaluasi dan penilaian hasil kerja akan semakin mudah. Komputerisasi juga menjamin bahwa hasil akhir yang diberikan sangat akurat dan valid. Selain itu SIM juga memberikan data yang terjadi saat ini dan apa yang akan terjadi di masa yang akan datang atau disebut dengan fungsi perencanaan.
Sementara Gordon. B. Davis lebih menganalisa sistem berdasarkan hubungan antara manusia dan mesin. Interaksi inilah yang akan menghasilkan data yang kemudian diolah menjadi informasi yang tepercaya. Hasil akhir sangatlah penting karena bisa menentukan tindakan yang akan dijalankan selanjutnya dan juga pengendalian hasil agar sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Dengan mengikuti pola maka hasil akan sesuai dengan tujuan awal.

Perkembangan Sistem Informasi Manajemen.
Sistem Informasi Manajemen atau sering disingkat SIM memiliki sejarah perkembangan tersendiri. Saat dimulai perkembangan komputerisasi informasi, belum banyak komputer yang memiliki program yang dioperasikan secara automatis. Saat itu mengoperasikan program masih secara manual dengan memasukkan komando ke dalam  program komputer.
Mulai sekitar tahun 2000’an, sistem informasi manajemen tumbuh dan berkembang dan menjadi sistem yang terpadu dan menjadi primadona di bermacam-macam perusahaan baik di pusat maupun di cabang perusahaan.
Sistem yang dinamakan sistem informasi manajemen ini dibentuk menjadi sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System). Pada era modern sekarang ini sistem informasi telah beroperasi secara terpadu dan dijalankan secara automatis.

Contoh Sistem Informasi Manajemen (SIM)

1. Supply Chain Management
SCM banyak digunakan oleh pelaku pasar yang bergerak dalam bidang penyedia bahan baku. Dengan menggunakan sistem informasi manajemen akan memudahkan dalam mengawasi aliran penjualan mulai dari pemasok bahan baku, produsen, pihak pengecer, hingga ke tangan konsumen.
2. Enterprise Resourch Planning
Dari pengertian sistem informasi manajemen secara umum bisa diketahui bahwa sistem ini sangat cocok digunakan di bidang keuangan. Banyak perusahaan besar yang menggunakan SIM untuk mengelola manajemen agar semua bidang seperti akunting, operasional, sumber daya manusia, dan pemasaran bisa terintegrasi. Dengan mengetahui informasi yang nyata maka pihak perusahaan bisa melakukan evaluasi jika hasil tidak sesuai dengan perencanaan awal.
3. Informatic Management System
Salah satu fungsi dari sistem informasi manajemen adalah untuk menyatukan beberapa informasi yang didapatkan untuk menentukan tindakan selanjutnya secara tepat. Dalam hal ini pengorganisasian sangat penting agar bisa mendapatkan data lengkap dan valid. Data diolah secara komputerisasi dan hasilnya akan menentukan kebijakan selanjutnya.

Tujuan Sistem Informasi Manajemen
Keberjalanan sistem informasi manajemen di sebuah organisasi selain memiliki fungsi pasti memiliki tujuan. Sistem informasi manajemen sejatinya bertujuan untuk mengelola organisasi maupun perusahaan dengan lebih baik dan diharapkan mampu memanfaatkan penggunaan sistem informasi manajemen sebagai keunggulan kompetitif.
Tujuan lain dari sistem informasi manajemen yaitu digunakan dalam perancangan dan pengimplementasian prosedur/aturan, proses, dan rutinitas yang menghasilkan laporan yang lebih akurat, konsisten dan on time.
Adapun tujuan dasar dari keberjalanan sistem informasi manajemen adalah sebagai berikut :
  1. Memperoleh Data

Mendapatkan data kontekstual atau disebut dengan data mentah dari operasional yang berasal dari berbagai sumber di internal maupun eksternal organisasi dan dianggap mampu memberikan kontribusi dalam pengambilan keputusan. 
  1. Mengolah Data

Data yang diperoleh sebelumnya kemudian diolah dan diubah menjadi informasi yang lebih bermanfaat dan dibutuhkan dalam aktivitas pada fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, dan memimpin. Selain itu informasi tersebut diperlukan dalam pengendalian fungsi pada level operasional, taktis, dan strategis.
Aktivitas dalam pengolahan data meliputi :
  • Menyusun perhitungan data
  • Melakukan sortir terhadap data
  • Mengelompokkan data
  • Menyederhanakan data  
  1. Menyimpan, Menggunakan, dan Menyebarkan Informasi

Informasi dari hasil pengolahan sistem informasi manajemen diharapkan dapat berguna di kemudian hari sehingga perlu disimpan dengan rapih. Informasi yang disimpan juga harus mudah diakses supaya dapat dipergunakan kembali. Informasi tersebut nantinya dipergunakan oleh pihak manajemen yang memerlukan sehingga perlu didistirbusikan pada pihak yang berkaitan melalui jaringan organisasi agar lebih bermanfaat. 

Sumber : 
http://pengertianparaahli.com/sistem-informasi-manajemen/
https://jurnalmanajemen.com/pengertian-sistem-informasi-manajemen/
http://student.blog.dinus.ac.id/dhamasrenaldy/2018/04/05/sistem-informasi-dalam-proses-bisnis/pentingnya-sistem-informasi-manajemen/


No comments:

Post a Comment